Thursday, June 7, 2012

Review : The Fifth Sally: Sally Dan Empat Teman Rahasia

Judul Asli : The Fifth Sally: A Novel
Author : Daniel Keyes
Translator : Putri Mayan Kalinggi
Category : Thriller
Format : Paperback (490 pages)
Penerbit : Ufuk Press (Juni 2009)
Bahasa : Indonesia
ISBN- 13 : 9789791238953

Deskripsi Goodreads :
Sally Porter - seorang janda pemurung, penyendiri, dan membosankan - mendapati empat orang tengah berada di dalam dirinya. Setiap kali ia merasa sakit kepala dan tak sadarkan diri, saat itulah keempat orang tadi silih berganti mengambil alih perannya. Ia akan menjadi Bella si penggila seks yang berbakat menyanyi dan menari, jika berhadapan dengan lelaki. Ia akan jadi Nola si seniman intelek namun dingin, jika ia memiliki masalah intelektualitas. Ia akan jadi Derry si pengkhayal baik hati, tomboi, dan ceria, jika harus berhadapan dengan orang banyak. Dan ia jadi Jinx si maniak penuh kebencian, brutal, dan ganas, jika berhadapan dengan lelaki bajingan.

Sally meminta bantuan Dr. Roger Ash. Melalui terapi hipnotis, mereka berusaha menyatukan kembali keempatnya menjadi pribadi baru - SALLY KELIMA. Namun tak mudah, karena selain dokter itu berhadapan dengan keempat kepribadian Sally, ia juga punya beberapa masalah dengan dirinya sendiri. Satu demi satu pribadi Sally bergabung. Nola mencari tahu teorinya tentang eksistensi. Bella tergiur mendapatkan peran berarti di sepanjang hidupnya. Dan Derry bergabung demi rasa cintanya pada Roger. Bagaimana dengan Jinx yang penuh kebencian dan kebrutalan? Berhasilkan dokter menciptakan Sally Kelima?

Keyes kembali menghadirkan bacaan yang tidak hanya memikat, tetapi sulit juga dicaru bandungannya...


Review :
Setelah Sybil, ini adalah buku kedua tentang kepribadian ganda. Topik yang satu ini memang mempunyai daya tarik tersendiri bagi saya. Di buku ini, kita akan menemui Sally Porter, seorang janda yang menderita kepribadian ganda. Sejak kecil, Sally sering mengalami kejadian-kejadian yang tidak dapat diingatnya. Dia pun sering mengalami "kehilangan waktu". Sally tidak pernah berpikir bahwa ada sesuatu yang "salah" dengan dirinya. Karena perasaan tertekan atas percobaan bunuh diri yang dilakukannya, akhirnya Sally memutuskan untuk meminta bantuan seorang psikiater. Dengan bantuan Dr. Roger Ash, Sally menemukan bahwa dia bukanlah satu-satunya orang yang hidup di dalam tubuhnya. masih ada empat orang lain yang merupakan teman masa kecil Sally. Ada Derry si periang yang baik hati, Bella yang berbakat akting dan menari, Nola si seniman intelek namun memiliki kecenderungan untuk bunuh diri serta Jinx yang penuh dengan kebencian, dendam dan amarah. Teman-teman Sally ini akan muncul ketika Sally menghadapi situasi yang harus melibatkan pribadi-pribadi tersebut.

Ketika keadaan menjadi semakin tak terkendali, Dr. Ash berusaha untuk menggabungkan kepribadian-kepribadian tersebut untuk menghasilkan Sally yang "utuh" yaitu Sally kelima. Namun untuk melakukan hal tersebut, Sally dan keempat temannya tesebut harus dapat menerima keberadaan yang lainnya.Berhasilkah Dr. Ash menggabungkan kelima kepribadian yang berbeda ini?

Buku ini merupakan buku pertama dari Daniel Keyes yang saya baca. Dengan membaca buku ini, kita dapat menambah pengetahuan kita tentang kepribadian ganda. Selain itu, kita dapat juga melihat sisi yang berbeda dari diri Sally yang sangat menarik untuk dibaca. Alur cerita yang tidak membosankan membuat pembaca tetap bertahan untuk membaca buku ini hingga akhir. Bagi pmbaca yang menyukai buku dengan tema-tema seperti ini, buku ini merupakan salah satu yang harus dibaca.

Saya memberika empat dari lima bintang untuk buku ini.

5 comments:

  1. Saya suka buku bergenre psikologi kayajk gini, sebelumnya udah baca tentang multiple personality juga. kayak billy, Sibil, eve... saya paling suka sibil. Kayaknya buku ini bagus :D

    ReplyDelete
  2. sudah beberapa kali baca buku yang berkepribadian ganda begini seperti Dr. Jackyl dan Mr Hyde atau yang berkepribadian 16 seperti Sybil. yang ini pun sepertinya menarik ya

    ReplyDelete
  3. @van bugot: Layak untuk dibaca.

    @nannianest : Aq jg baca Dr. Jekyll and Mr. Hyde tp blm selesai. Tp Sybill ttp favoritku.

    ReplyDelete
  4. udah lama baca buku ini :D
    dan dulu saya begitu terpesona, padahal dulu asal aja pilih buku ini, taunya bagus :D

    ReplyDelete