Friday, July 5, 2013

OpenTrolley Bookstore

Beberapa tahun ini, saya mulai banyak membaca buku berbahasa Inggris, dan seperti kita ketahui untuk mendapatkan buku impor itu tidak semudah ketika kita mencari buku lokal yang ada hampir di setiap toko buku. Biasanya untuk mendapatkan buku import tersebut, saya harus membelinya secara online. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang toko buku import terbesar di Indonesia saat ini yaitu Open Trolley. Sama seperti beberapa teman-teman blogger yang lain, saya juga diberikan voucher senilai 50.000 + gratis ongkir. Saya senang sekali waktu menerima email ini, lumayan bisa dapat buku inceran dengan harga yang murah. Setelah menimbang masak-masak, akhirnya saya memilih buku ini :



Sebenarnya sih pengen beli buku lain juga, tapi berhubung dana terbatas akhirnya cuma beli satu deh. Dari pengalaman pertama saya berbelanja di Open Trolley, saya ingin berbagi keunggulan dan kekurangan Open Trolley jika dibandingkan dengan toko buku lain. Keunggulan berbelanja di OpenTrolley antara lain :

  1. Pelayanannya yang baik dan interaktif
  2. Dalam membeli buku, tentunya kita juga menginginkan pelayanan yang terbaik dari toko buku itu. Open Trolley mampu memberikan pelayan yang baik kepada customer. Tampilan websitenya rapi dan user friendly memudahkan calon pembeli dalam melakukan proses transaksi. Selain itu, Open Trolley juga selalu mengirimkan email untuk menginformasikan perkembangan pesanan kita.

  3. Pengiriman buku relatif cepat
  4. Untuk ukuran buku import, waktu pengiriman yang ditawarkan relatif cepat. Untuk mendapatkan buku yang kita beli, hanya dibutuhkan waktu sekitar 2 minggu (bahkan dari pengalaman saya belum sampai 2 minggu bukunya sudah saya terima). Bandingkan dengan toko buku lain yang kadang kita harus menunggu lebih dari 1 bulan.

  5. Flat Delivery
  6. Hal ini sangat menguntungkan bagi orang-orang yang ingin belanja banyak buku. Bayangkan, untuk pengiriman buku ke kota saya hanya membutuhkan biaya 16.000. Untuk pengiriman 1 buku saja tarif itu sudah cukup murah jika dibandingkan dengan beberapa toko buku lainnya, apalagi ketika saya mau membeli lebih dari satu buku.

  7. Packaging yang rapi dan sangat aman
  8. Packaging-nya sangat rapi dan aman. Pertama buku di bungkus dengan bubble wrap sehingga mengurangi resiko buku yang rusak karena air. Setelah itu, buku akan dibungkus lagi dengan karton, sehingga buku tidak akan rusak karena terlipat selama perjalanan. Terakhir, buku dimasukkan kedalam kantong RPX.


  9. Koleksinya yang sangat lengkap
  10. Koleksi yang dimiliki oleh Open Trolley memang sangat lengkap.Bila dibandingkan dengan toko buku import lainnya di Indonesia, koleksi buku di Open Trolley memang yang paling lengkap. Jadi bagi yang kesulitan mendapatkan buku import di toko-toko buku di Indonesia, Open Trolley dapat menjadi alternatif utama.

Sedangkan kekurangan berbelanja di Open Trolley adalah:
  1. Harganya yang relatif mahal
  2. Harga meerupakan salah pertimbangan utama ketika saya membeli buku. Memang sih pada dssarnya harga buku import lebih mahal jika dibandingkan dengan buku terbitan Indonesia, tapi jika dibandingkan dengan dengan toko buku import lain di Indonesia terkadang harga yang ditawarkan Open Trolley cenderung lebih mahal. Hal ini jugalah yang membuat saya berpikir lagi ketika mau membeli buku yang ada di Open Trolley. Tapi untuk buku-buku pre-order, Open Trolley dapat menjadi alternatif yang tepat karena Open Trolley memberikan harga yang lebih murah untuk buku-buku pre-order.

  3. Wilayah pengiriman yang masih terbatas
  4. Wilayah pengiriman Open Trolley masih terbatas pada kota-kota besar saja. Hal ini dapat menjadi kendala bagi calon pembeli yang tidak tinggal di kota yang termasuk ke dalam wilayah pengiriman Open Trolley. (Untuk mengetahui kota-kota yang termasuk dalam pengiriman Open Trolley, klik disini).

Demikianlah yang dapat saya bagi. Bagi yang tertarik, dapat langsung mengunjungi website Open Trolley. Selamat berbelanja!



2 comments:

  1. kalau mau beli di OpenTrolley harus pake credit card atau bisa via transfer biasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua-duanya bisa. Jadi kamu bisa pilih mana metode pembayaran yg lebih cocok untuk kamu.

      Delete